Selasa, 04 Juni 2013

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Mengenal HTML5

HTML5

  Pernahkah anda mendengar tentang HTML 5 ? Jika belum, saya jelaskan. 

  HTML5 adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk menterjemahkan atau menampilkan isi dari WWW (World Wide Web) yang sekarang sudah menjadi teknologi yang lebih maju dari HTML, tepatnya adalah Revisi ke-5 dari HTML yang diciptakan pada tahun 1990, HTML4 pada tahun 1997. HTML5 mendukung teknologi multimedia terbaru, dan istimewanya lagi, HTML5 sangat mudah dibaca oleh Manusia dan juga mudah dimengerti oleh Mesin. 

  HTML5 pertama kali dikembangkan pada tahun 2004 oleh organisasi yang menamai dirinya "WHAT" Working Group (WHATWG). Orang orang WHATWG berasal atau gabungan dari Apple, Mozilla, dan Opera. Pada tahun 2006, World Wide Web Consortium (W3C), lembaga yang paling berperan dalam perkembangan internet, memutuskan untuk menghentikan riset terhadap XHMTL dan memilih untuk bergabung dengan WHATWG untuk mengembangkan HTML5.

  2 Tahun kemudian, atau tepatnya tahun 2008, HTML5 barulah muncul versi perdana (awal) yang ditulis oleh Ian Hickson. HTML5 terus dikembangkan hingga saat ini. Pada tahun 2008 juga, Firefox 3 mengumumkan bahwa ialah browser pertama yang mendukung HTML5. Barulah disusul oleh Chrome, Safari, dan Internet Explorer.

  HTML5 semakin menjadi setelah Developer besar seperti Youtube, yang memperkenalkan Video Player berbasis HTML5. Dilanjutkan oleh Scribd pada bidang distribusi Dokumen-dokumen dan Disney akhirnya membeli perusahaan startup yang telah membuat Game Online berbasis HTML5. 

  Pada bulan September 2011, si Cantik Alexa telah mencatat bahwa 34% dari 100 situs populer di dunia sudah menggunakan HTML5 dalam websitenya.

  Begitulah perkembangan HTML5 sampai sekarang yang terus dikembangkan. 

Kemampuan Browser Terhadap HTML5

 Apakah browser yang anda pakai sudah support HTML5 ? Jika belum tahu mari kita cek. Pergilah ke HTML5 Test

Yang anda dapatkan setelah melihat kemampuan Browser kita pada Website itu adalah :
  • Anda akan melihat Score yang terdapat pada Browser anda, jika score yang anda peroleh Tinggi, berarti tinggi pula Kemampuan Browser anda terhadap HTML5, Browser yang saya gunakan adalah Google Chrome 28.0.1469.0.
Google Chrome 28.0.1469.0 Test

  • Score Maksimal di HTML5Test.com adalah 500, bagaimana jika Score Browser anda rendah ? Update dengan Versi terbaru, atau mengganti dengan Browser lain.
  • Pada HTML5Test.com tersaji lengkap tag-tag apa saja yang dapat dilakukan oleh Browser anda, semakin banyak tanda centang, maka semakin baik peforma Browser anda.
  • Jika ingin melihat browser lain yang lebih tinggi, gunakan tab Other Browsers.
Other Browsers

Jika anda mempunyai Blog, dan berbasis HTML5, jika anda mengetik suatu Script, tetapi tidak sesuai harapan, coba teliti lagi dan cek dibawah ini :
  • Pastikan Browser anda mendukung Script dan Tag yang anda ketikkan
  • Cobalah untuk membuka dengan browser lain, jika browser lain sesuai yang anda inginkan, berarti Browser yang saat ini anda gunakan belum mendukung beberapa Tag-tag. Karena itu lihat score dan berapa banyak Tag yang diberi centang Hijau
  • Jika anda sudah mencoba browser terbaru dan memiliki score tinggi tetapi script yang anda ketikkan tetap tidak sesuai, berarti anda salah dalam pengetikan Script.

 Sudah mengerti apa belum ? Jika belum mengerti, anda bisa melihat lebih lanjut di Wikipedia.org atau situs lainnya yang menyediakan Artikel mengenai HTML5. Jangan lupa terapkan HTML5 pada Blog atau Website anda agar terlihat lebih rapi, bagus, dan elegan. Tunggu Postingan saya berikutnya mengenai hubungan antara CSS3 dan HTML5 ! Stay On Blitarian4rt ya ! Terima Kasih !





ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

thumbnail Judul :Mengenal HTML5
Dipublikasikan oleh:Unknown
Dipublikasian pada :2013-06-04T11:12:00+07:00
Rating : 4.9
Direview oleh : 3765 Orang
Terima Kasih sudah mau membaca artikel saya yang berjudul Mengenal HTML5. Copy Paste tidak dilarang kok ! Asal mencantumkan link sumbernya ^_^, sudah 3 Blog saya laporkan dan terhapus lho gara-gara copy paste lho, jadi mohon hati-hati ya.....

Suka Dengan Artikel ini ? Klik tombol dibawah ini, terutama yang Plus One ya !


1 komentar:

Tinggalkan Komentar yang banyak dan Relevan !, karena Setiap :
[-]Blogwalking
[-]Saran
[-]Kritikan
[-]Sanggahan
[-]Cacian
Adalah motivasi untuk blog ini agar lebih maju dan update !
Tetapi Jika Terdapat Komentar Spam (Anonymous, tidak Relevan, hanya absen) akan dihapus secepatnya.